Pengantar
Training Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan – Merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan. Dengan Akreditasi, Puskesmas akan memiliki arah dalam perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko untuk dilaksanakan secara berkesinambungan. Tentunya status Akreditasi bukan merupakan tujuan utama, melainkan satu bentuk penghargaan atas pencapaian organisasi Puskesmas terhadap mutu pelayanannya. Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh Komisioner Akreditasi terhadap Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.
Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu untuk mememnuhi persyaratan Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya yang akan kerjasama dengan BPJS dipersyaratan lulus akreditasi sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Permenkes Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.
Siapa yg menetapkan standar Akreditasi?
Dalam pelaksanaan akreditasi dilakukan penilaian dengan menggunakan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Agar Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya dapat memenuhi standar akreditasiย dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dari Unsur Dinas Kesehatan dan Puskesmas lainnya dapat membangun sistem pelayanan yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang mutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan.ย
Untukย itu,ย perluย terlebihย dahuluย dilakukanย Bimbingan Teknis Bagi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya. Oleh karena itu DISI Training Center & Consulting memberikan Training Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang direkomendasikan untuk diikuti oleh Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan yang ada di Indonesia.
Tujuan Training Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan
- Sebagai wahana Pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis, serta penerapan manajemen risiko
- Sebagai syarat recredensialing PPK 1 BPJS pada Sistem Jaminan Kesehatan Nasional
- Menjelaskan kebijakan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Menerangkan Konsep mutu dan Kebijakan Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Menjelaskan Standar dan instrumen akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
- Menyusun dokumenakreditasi
- Melakukan self assesment akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Memfasilitasi proses akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Melakukan audit internal akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
- Menerapkan prinsip pembelajaran orang dewasa melalui komunikasiefektif
- Membuat rencana pembelajaran melalui penyusunan Satuan AcaraPembelajaran (SAP)
Manfaat Training Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan
- Memberikan keunggulan kompetitif
- Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasyankes
- Menjamin diselenggarakannya pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat
- Meningkatkan pendidikan pada staf Fasyankes primer untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat
- Meningkatkan pengelolaan risiko baik pada pelayanan pasien baik di Puskesmas maupun fasyankes primer lainnya dan penyelenggaraan upaya Puskesmas kepada masyarakat
- Membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf fasyankes primer
- Meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja
- Meningkatkan keamanan dalam bekerja
Materi
- Kebijakan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
- Konsep mutu Kebijakan Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamaย
- Standar dan instrumen akreditasi Puskesmas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamaย
- Menyusun dokumen akreditasi
- Self assesment akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
- Proses akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Audit internal akreditasi Puskesmasdan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Bonus FULL Contoh Dokumen (5 Bab Puskesmas) (3 Bab Klinik)
Peserta
Training Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan ini direkomendasikan untuk diikuti oleh:
- Unsur Dinas Kesehatan
- Tim Akreditasi Puskesmas
- Kepala Puskesmas
- SDM Puskesmas
Metode
Metode pelatihan menggunakan metode interaktif yaitu pemahaman dari sisi konsep contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang di ajarkan.
Narasumber
DISI Training Center Consultant & Team (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
Durasi
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 โ 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 โ 15.00 WIB (Publik Training Online)
Investasi
Publik Training Tatap Muka
- Rp. 4.000.000; /peserta (Jakarta)
- Rp. 4.250.000; /peserta (Bandung, Semarang & Yogyakarta)
- Daftar 3 peserta Cashback 200rb/peserta atau group.
Publik Training Online
- Rp. 2.900.000;/ peserta
- Rp. 2.500.000;/minimal 3 peserta atau group
- Daftar 2 peserta FREE 1 peserta (peserta ke-3)
In House Training
- Online Rp. 12.000.000; untuk maksimal 15 peserta
- Offline Rp. 18.000.000; untuk maksimal 15 peserta (belum termasuk Akomodasi jika luar JABOTABEK)
Fasilitas
- Training Offline/Tatap Muka: Sertifikat, Modul (hard/soft copy), Training Kit (Tas Jinjing, Ball Point, Blocknote), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break, Foto Bersama Seluruh Peserta, Flasdisk 16GB dan Konsultasi Lanjutan)
- Training Online Via Zoom: Soft copy Materi, Sertifikat, Recording/Rekaman Training dan Konsultasi Lanjutan.
CONTACT PERSON
- (021) 8912 7956
- 0812 8457 4848 ( whatsappย )
- disi.training.center@gmail.com
SCHEDULE Offline PELATIHAN AKREDITASI PUSKESMAS DAN FASILITAS KESEHATAN TAHUN 2024:
- Jakarta, 10-11 Januari 2024
- Bandung, 24-25 Januari 2024
- Jakarta, 6-7 Februari 2024
- Semarang, 22-23 Februari 2024
- Jakarta, 6-7 Maret 2024
- Bandung, 20-21 Maret 2024
- Jakarta, 3-4 April 2024
- Yogyakarta, 24-25 April 2024
- Jakarta, 2-3 Mei 2024
- Semarang, 16-17 Mei 2024
- Jakarta, 6-7 Juni 2024
- Bandung, 20-21 Juni 2024
- Jakarta, 4-5 Juli 2024
- Yogyakarta, 18-19 Juli 2024
- Jakarta, 7-8 Agustus 2024
- Semarang, 21-22 Agustus 2024
- Jakarta, 5-6 September 2024
- Bandung, 18-19 September 2024
- Jakarta, 10-11 Oktober 2024
- Bandung, 22-23 Oktober 2024
- Jakarta, 13-14 November 2024
- Yogyakarta, 27-28 November 2024
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Semarang,19-20 Desember 2024
JADWAL Online Pelatihan AKREDITASI PUSKESMAS DAN FASILITAS KESEHATAN TAHUN 2024:
- 15-16 Januari 2024 Online via Zoom Meeting
- 12-13 Februari 2024 Online via Zoom Meeting
- 6-7 Maret 2024 Online via Zoom Meeting
- 1-2 April 2024 Online via Zoom Meeting
- 22-23 Mei 2024 Online via Zoom Meeting
- 10-11 Juni 2024 Online via Zoom Meeting
- 8-9 Juli 2024 Online via Zoom Meeting
- 12-13 Agustus 2024 Online via Zoom Meeting
- 9-10 September 2024 Online via Zoom Meeting
- 14-15 Oktober 2024 Online via Zoom Meeting
- 4-5 November 2024 Online via Zoom Meeting
- 9-10 Desember 2024 Online via Zoom Meeting
REFERENSI
- Klinik dr. Aisa Tios, Pluit – Kota Jakarta Barat
- Klinik YADIKA, Petukangan – Kota Jakarta Selatan
- Klinik Amanah Bunda, Cikupa, Kab. Tangerang – Banten
- Prodia Occupational Health Center – Clinic & Dental, Kota Jakarta Selatan