PENGANTAR
Training ISO 26000 – Pada era globalisasi seperti sekarang ini, yang menekankan perusahaan menjadi ramah lingkungan, perlu melakukan pengelolaan dengan baik terhadap CSR sebagai bagian dari pertanggungjawaban social profitable company kepada stakeholder eksternal sehingga akan berdampak pada peningkatan barnding maupun positioning perusahaan. Sebagai salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban terhadap kegiatan CSR , maka dalam pembuatan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) harus lebih komprehensif (tidak hanya sekedar laporan keuangan), sehingga dapat mendukung strategi perusahaan serta dapat menunjukkan komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) dari area geografis sasaran penjualan/operasional perusahaan.
ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR) berbagai isu dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini.
Di Indonesia, CSR merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang termaktub pada pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Hal ini menuntut wajib bagi para perusahaan, kelembagaan maupun institusi untuk melaksanakan ISO 26000 dimana semua organisasi tersebut juga dituntut untuk memperhatikan aspek social, dan lingkungan selain daripada aspek keuangannya. Meskipun ISO 26000 belum seluruhnya di terapkan oleh organisasi-organisasi karena CSR dianggap tidak mampu memberikan dampak keuntungan keuangan dalam jangka pendek, dan karena ketidak-tahuan dalam mengelolah CSR dengan baik. Maka dari itu perlu dilakukan training ISO 26000 – CSR agar pelaksanaan program CSR dapat berjalan dengan baik.
TUJUAN Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility-CSR
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat:
- Memahami konsep Training ISO 26000 – CSR Guidance (Sistem Manajemen Corporate Social Responsibility)
- Mendapatkan keahlian untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000
- Memahami konsep, pendekatan, subyek, metoda dan teknik untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan
- Mendapatkan keahlian untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktek ISO 26000
- Mengembangkan pengetahuan dan keahlian untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000
- Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stakeholders yang berbeda-beda
- Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000.
MATERI Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility-CSR
- Latar belakang pengembangan ISO 26000
- Alasan pembangunan program CSR bagi perusahaan dan manfaatnya
- CSR berdasarkan standar internasional ISO 26000
- Pembangunan program CSR ISO
- 26000 terintegrasi dengan PP 74 UU PT
- Pengenalan dan ruang lingkup ISO 26000
- Definisi, regulasi, implementasi dan pelaporan CSR
- Evaluasi CSR
- Isu-isu CSR di Asia : tata kelola perusahaan, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan terhadap norma dan HAM, perubahan iklim, sumber daya manusia, isu lingkungan
- Pelaporan kegiatan CSR ke seluruh pemangku kepentingan (stakeholder)
- Kiat sukses membangun, mempromosikan danmendorong implementasi CSR berdasarkan ISO 26000
PESERTA Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility-CSR
- Manajer dan staff public relations, corporate secretary, corporate communications atau karyawan lain yang menjalankan fungsi public relations untuk menjaga citra perusahaan dan produknya.
- Personel perusahaan yang terlibat dalam program CSR dan bagian lain yang terkait seperti SDM, Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan, Akuntasnsi, Lingkungan dan K3.
METODE
Metode Training ISO 26000 ini sangat efektif sekali, dimana pelaksanaan pelatihan disampaikan atau dijelaskan secara teoritis dan ilmiah juga disampaikan dalam bentuk workshop simulasi dan study interaktif yang menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh peserta yang terlibat dalam pelatihan
NARA SUMBER
DISI Training Center Consultant & Team
(Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
DURASI
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik Training Online)
Investasi & Biaya
Online Training (Via Zoom) (Pukul 9.00 – 15.00 WIB)
Biaya 3.500.000/peserta (belum termasuk PPN)
Biaya 3.000.000/peserta untuk group minimal 3 orang (belu termasuk PPN)
Kelas yang cocok untuk fleksibilitas dan pembelajaran maksimal
Benefit Online Training :
- Sertifikat Training (PDF & Dikirim)
- Materi, Panduan dan Studi Kasus
- Rekaman Training
- Konsultasi Lanjutan
NB : Gratis biaya kirim sertifikat diluar pulau jawa.
Training Tatap Muka (Offline) (Pukul 9.00 – 16.00 WIB)
Biaya 4.250.000/peserta (belum termasuk PPN)
Kelas yang dilaksanakan di hotel berbintang kota besar di Indonesia.
Benefit Training Tatap Muka :
- Sertifikat Training
- Buku Training
- Training Kit
- Lunch & Coffe Break
- Souvenir Training
- Konsultasi Lanjutan
Promo bulan ini : Cashback Rp.250,000/peserta untuk pendaftaran grup (minimal 3 peserta)
Pelaksanaan : Jakarta, Bogor, Bandung dan Yogyakarta.
Inhouse Training
- Minimal 15 peserta (Online 12 juta) (Offline 17 juta) Biaya belum include PPN 11%
Paket fleksible dan terjangkau untuk Instansi di seluruh indonesia.
Benefit Inhouse Training:
- Sertifikat Training
- Training Kit
- Modul Training
- Rekaman Training (Online)
- Materi & File Pendukung
- Souvenir (Flasdisk 16GB 1 pcs)
NB : Gratis biaya kirim sertifikat diluar pulau jawa.
CONTACT PERSON
- (021) 8912 7956
- 0812 8457 4848 ( whatsapp )
- disi.training.center@gmail.com
JADWAL TRAINING ISO 26000
Corporate Social Responsibility-CSR TAHUN 2024
- Jakarta, 10-11 Oktober 2024
- Bekasi, 22-23 Oktober 2024
- Jakarta, 13-14 November 2024
- Bogor, 27-28 November 2024
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Bekasi, 19-20 Desember 2024
JADWAL TRAINING ISO 26000
Corporate Social Responsibility-CSR TAHUN 2025
- Jakarta, 7-8 Januari 2025
- Bekasi, 21-22 Januari 2025
- Jakarta, 4-5 Februari 2025
- Bandung, 18-19 Februari 2025
- Jakarta, 4-5 Maret 2025
- Bogor, 18-19 Maret 2025
- Jakarta, 8-9 April 2025
- Yogyakarta, 22-23 April 2025
- Jakarta, 6-7 Mei 2025
- Bandung, 20-21 Mei 2025
- Jakarta, 10-11 Juni 2025
- Bogor, 24-25 Juni 2025
- Jakarta, 8-9 Juli 2025
- Bekasi, 22-23 Juli 2025
- Jakarta, 5-6 Agustus 2025
- Yogyakarta, 19-20 Agustus 2025
- Jakarta, 9-10 September 2025
- Bandung, 23-24 September 2025
- Jakarta, 7-8 Oktober 2025
- Bogor, 21-22 Oktober 2025
- Jakarta, 4-5 November 2025
- Yogyakarta, 18-19 November 2025
- Jakarta, 2-3 Desember 2025
- Bandung, 16-17 Desember 2025