Pengantar
Training Manajemen Mutu Pelayanan Geriatri – Meningkatnya jumlah usia lanjut pada umumnya dan meningkatnya jumlah pasien yang berusia 60 tahun keatas, serta terus bertambahnya kasus geriatri di rumah sakit menjadikan salah satu alasan untuk membuka layanan geriatri. Dalam busisness plan memberikan rincian program pencapaian untuk layanan unggulan. Pelayanan geriatri tidak hanya pelayanan pada rawat jalan akan tetapi perlu pelayanan penunjang lainnya yang mendukung pelayanan geriatri tersebut. Dalam arti pelayanan geriatri di RS haru dilakukan secara holistik. Mereka adalah pasien dengan keluhan sosio medis seperti hipertensi, diabetes yang harus diberikan pelayanan sampai pada aspek psikis. Lanjut usia dengan kondisi multi penyakit, berbagai penurunan fungsi organ, gangguan psikologis, dan sosial ekonomi serta lingkungan pada warga lanjut usia, membutuhkan adanya pelayanan pelayanan geriatri terpadu yang paripurna dengan pendekatan multidisiplin yang bekerja secara interdisiplin.
Mewujudkan pelayanan geriatri terpadu di rumah sakit memerlukan adanya program peningkatan mutu dan keselamatan pasien geriatri di rumah sakit. Hal ini dipersyaratkan baik oleh Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri di Rumah Sakit yang kemudian juga diacu oleh Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yang disusun oleh KARS tahun 2018 pada Bab Program Nasional.
Tujuan Training Manajemen Mutu Pelayanan Geriatri
Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta mampu :
- Memahami prinsip dasar pelayanan geriatri
- Mewujudkan berbagai jenis pelayanan geriatri terpadu
- Memahami alur pelayanan dan system rujukan geriatric
- Mampu menyusun rencana pengembangan pelayanan geriatri
Materi Training Manajemen Mutu Pelayanan Geriatri
- Prinsip dasar pelayanan geriatri.
- Uraian PMK No. 79/ 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri di Rumah Sakit.
- Berbagai jenis pelayanan geriatri di RS: rawat jalan, rawat inap, respite, home care & hospice.
- Persyaratan lokasi, bangunan, pelayanan, peralatan, dan ketenagaan, untuk pelayanan geriatri.
- Alur pelayanan dan sistem rujukan pasien geriarti
- Pemantauan dan evaluasi mutu pelayanan geriatri.
- Menyusun rencana pengembangan pelayanan geriarti
- Promosi dan edukasi Pelayanan Kesehatan Warga Lanjut usia di Masyarakat Berbasis Rumah Sakit (Hospital Based Community Geriatric Service)
Peserta Yang Direkomendasikan
Pelatihan manajemen mutu pelayanan geriatric dapat diikuti oleh Pimpinan, manajer dan staf di rumah sakit yang akan/ sedang mengembangkan pelayanan geriatri. Tim Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien yang terkait dengan pengumpulan, validasi, pengolahan dan analisa data Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien.
Metode
Training manajemen mutu pelayanan geriatric ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep secara Teori di ruangan, dipaparkan beberapa contoh Aplikasi, latihan soal, mendiskusikan soal latihan dan konsultasi interaktif membahas beberapa pertanyaan yang selama ini menjadi hambatan-hambatan di pelayanan geriatri.
Narasumber
DISI Training Center Consultant & Team (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
Durasi
- Offine Training 2 hari efektif 14 jam (09.00 – 16.00)
- Online Training 2 hari efektif 12 jam (09.00 – 15.00 WIB)
Investasi
Publik Training Offline
- 4.000.000/peserta (Jakarta, Bekasi & Karawang)
- 4.250.000/peserta (Bandung & Yogyakarta)
- Cashback 200.000/peserta jika daftar 3 peserta/group..!!
Publik Training Online
- 2.900.000/peserta
- 2.500.000/peserta jika daftar 3 peserta/group
- Promo bulan ini Daftar 2 peserta FREE 1 peserta (peserta ke-3)
Paket InHouse Training
- Online maksimal 15 peserta hanya 12 juta via Zoom
- Offline maksimal 15 peserta hanya 18 juta (belum termasuk Akomodasi jika luar JABOTABEK)
Fasilitas
- Online: Softcopy Materi, Sertifikat, Recording Training dan Konsultasi Lanjutan
- Offline: Modul, Training Kit, Snack 2x, Lunch 1x, Sertfikat, Flasdisk 16GB, Jaket Souvenir dan Konsultasi Lanjutan.
Info dan Promo
- 021-89127956
- 0812-8457-4848 (Call center & WA)
- Email: disi.training.center@gmail.com
Jadwal Offline Training Manajemen Mutu Pelayanan Geriatri Tahun 2024:
- Bandung, 4-5 Januari 2024
- Jakarta, 18-19 Januari 2024
- Semarang, 6-7 Februari 2024
- Jakarta, 21-22 Februari 2024
- Yogyakarta, 7-8 Maret 2024
- Jakarta, 20-21 Maret 2024
- Bandung, 3-4 April 2024
- Jakarta, 22-23 April 2024
- Yogyakarta, 14-15 Mei 2024
- Jakarta, 28-29 Mei 2024
- Bandung, 6-7 Juni 2024
- Jakarta, 25-26 Juni 2024
- Semarang, 4-5 Juli 2024
- Jakarta, 17-18 Juli 2024
- Bandung, 6-7 Agustus 2024
- Jakarta, 20-21 Agustus 2024
- Yogyakarta, 10-11 September 2024
- Jakarta, 26-27 September 2024
- Bandung, 3-4 Oktober 2024
- Jakarta, 16-17 Oktober 2024
- Yogyakarta, 5-6 November 2024
- Jakarta, 19-20 November 2024
- Yogyakarta, 5-6 Desember 2024
- Jakarta, 18-19 Desember 2024
Jadwal Online Training Manajemen Mutu Pelayanan Geriatri Tahun 2024:
- 24-25 Januari 2024 Online via Zoom Meeting
- 26-27 Februari 2024 Online via Zoom Meeting
- 27-28 Maret 2024 Online via Zoom Meeting
- 3-4 April 2024 Online via Zoom Meeting