PENGANTAR
Training Service Excellence Rumah Sakit – Sejak di terbitkannya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, maka setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan karyawan yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence atau Excellent Service. Pengetahuan atau ketrampilan dalam melayani dapat di bangun dengan melakukan pelatihan SDM di masing-masing institusi sehingga tujuan dari pelayanan prima (Excellent Service/ Service Excellence) dapat terwujud dalam bentuk kepuasan pelanggan.
Training Service Excellence Rumah Sakit – Customer adalah setiap orang yang membutuhkan produk atau jasa kita meliputi internal dan eksternal customer. Service excellence adalah pelayanan yang diberikan oleh seseorang atau organisasi yang membuat pelanggan senang, datang lagi dan mengajak rekan-rekannya untuk menikmati kesenangan yang pernah di nikmatinya.
Apa itu Customer?
Rumah sakit di bangun untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ketika Anda berada di rumah sakit mungkin yang terlintas di pikiran adalah rasa takut dan bosan. Salah satu tujuan utama di dirikan rumah sakit memang untuk memberikan pelayanan prima pada pasien mereka. Tapi, banyak sekali rumah sakit yang hanya asal-asalan saja dalam melayani pasien mereka. Tidak sedikit dari tenaga medis yang memberikan pelayanan kurang memuaskan pasien dan pada akhirnya pasien kapok berobat di rumah sakit tersebut.
Bahkan hanya sebagian saja yang memberikan service excellent di rumah sakit kepada pasien. Padahal bukan hanya karyawan di bagian depan saja yang harus memberikan pelayanan prima, namun semua lini juga harus memberikan service excellent.
Training Service Excellence Rumah Sakit – Service excellent sangat penting karena bisa memberikan efek yang luar biasa pada pasien. Mereka pada dasarnya tidak hanya ingin berobat namun juga ingin di perhatikan, di hormati dan di sanjung. Jika semua lini di rumah sakit tersebut mampu memberikan service excellent di rumah sakit yang bagus efeknya tidak hanya kepuasan pasien namun omset yang di dapat juga akan meningkat. Service Excellence Rumah Sakit adalah pelayanan yang di berikan kepada pasien agar mereka terpuaskan dan ingin menggunakan jasa bahkan akan tetap memakai jasa dari rumah sakit tersebut di kemudian hari
Training Service Excellence Rumah Sakit – Bagaimana cara agar pasien mau menggunakan jasa rumah sakit lagi? Jawabannya hanya satu yaitu, pelayanan yang di berikan di rumah sakit harus benar-benar memuaskan bahkan harus bisa membuat pasien merasa terpuaskan dan lebih dihargai. Jika pelayanan yang didapatkan baik, pasien tidak hanya sekali menggunakan jasa rumah sakit, bahkan mereka juga akan mengatakan hal itu kepada orang-orang di sekitarnya. Dan orang-orang tersebut akan lebih percaya terhadap orang yang sudah berpengalaman langsung dibandingkan dari iklan atau janji-janji melalui media apapun.
Oleh karena itu DISI Training Center sebagai Konsultan & Training Rumah Sakit bermaksud menyelenggarakan pelatihan yang direkomendasikan untuk diikuti.
TUJUAN TRAINING SERVICE EXCELLENCE RUMAH SAKIT
- Peserta memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan bisnis rumah sakit.
- Peserta mampu melihat service dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami “9 Service Bites” yaitu: Access, Responsiveness, Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, Professional
- Memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image yang baik dari rumah sakit di mata customer.
- Melatih peserta untuk membedakan tipe pasien dan secara terampil menghadapi keluhan pasien.
- Peserta mampu mendeliver service kepada pasien dengan tujuan memberikan pengalaman yang luar biasa yang akan berbuah pada loyalitas pasien
MATERI TRAINING SERVICE EXCELLENCE RUMAH SAKIT
- Basic mentality for service excellence
- Rumah sakit vs pasien
- Karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien
- Keterampilan service excellence
- Penanganan keluhan
- Pengembangan layanan
- Action plan and improvement
- Budaya 3A membangun service excellence (Attitude, Attention & Action)
PESERTA
- Customer service
- Staff medis
- SDM di rumah sakit yang berinteraksi langsung dengan pasien.
METODE
Training ini menggunakan metode interaktif, di mana peserta di kenalkan kepada konsep, di berikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Sampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok
NARASUMBER
DISI Training Center Consultant & Team (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
DURASI
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik / In House Training Online)
INVESTASI
Publik Training Tatap Muka
- Rp. 4.000.000; /peserta (Jakarta, Bekasi & Karawang)
- Rp. 4.250.000; /peserta (Bandung, Semarang & Yogyakarta)
- Daftar 3 peserta Cashback 200rb/peserta atau group.
Publik Training Online
- Rp. 2.900.000;/ peserta
- Rp. 2.500.000;/minimal 3 peserta atau group
- Daftar 2 peserta FREE 1 peserta (peserta ke-3)
In House Training
- Online Rp. 12.000.000; untuk maksimal 15 peserta
- Offline Rp. 18.000.000; untuk maksimal 15 peserta (belum termasuk Akomodasi jika luar JABOTABEK)
Fasilitas
- Training Offline/Tatap Muka: Sertifikat, Modul (hard/soft copy), Training Kit (Tas Jinjing, Ball Point, Blocknote), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break, Foto Bersama Seluruh Peserta, Flasdisk 16GB dan Konsultasi Lanjutan)
- Training Online Via Zoom: Soft copy Materi, Sertifikat, Recording/Rekaman Training dan Konsultasi Lanjutan.
INFORMASI & PROMO
- 021 – 8912 7956
- 0812 8457 4848 ( whatsapp )
Email:
- disi.training.center@gmail.com
CONTACT PERSON
- 0812 8457 4848 ( whatsapp )
Jadwal Training Service Excellence Rumah Sakit
Tahun 2024
- Jakarta, 5-6 November 2024
- Yogyakarta, 19-20 November 2024
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Bandung,16-17 Desember 2024
Jadwal Training Service Excellence Rumah Sakit
Tahun 2025
- Jakarta, 16-17 Januari 2025
- Bandung, 30-31 Januari 2025
- Jakarta, 13-14 Februari 2025
- Bekasi, 27-28 Februari 2025
- Jakarta, 13-14 Maret 2025
- Bogor, 20-21 Maret 2025
- Jakarta, 10-11 April 2025
- Yogyakarta, 24-25 April 2025
- Jakarta, 8-9 Mei 2025
- Bandung, 22-23 Mei 2025
- Jakarta, 12-13 Juni 2025
- Bogor, 25-26 Juni 2025
- Jakarta, 10-11 Juli 2025
- Yogyakarta, 24-25 Juli 2025
- Jakarta, 14-15 Agustus 2025
- Bekasi, 28-29 Agustus 2025
- Jakarta, 11-12 September 2025
- Bandung, 25-26 September 2025
- Jakarta, 16-17 Oktober 2025
- Bogor, 30-31 Oktober 2025
- Jakarta, 13-14 November 2025
- Yogyakarta, 27-28 November 2025
- Jakarta, 4-5 Desember 2025
- Bandung, 18-19 Desember 2025
Referensi
- RSUD Benyamin Guluh, Kab. Kolaka – Sulawesi Tenggara
- Balai Sertifikasi dan Peningkatan Mutu, Pangkal Pinang – Kep. Bangka
- RS. Medirossa 2 Cibarusah, Kab. Bekasi – Jawa Barat
- Med Health Indonesia, Kota Bandung – Jawa Barat
- Kartini Hospital, Kota Jakarta Selatan – DKI Jakarta
- Mayapada Hospital Group – Jawa Barat
- RSUD Kab. Bangka Tengah – Kep. Bangka Belitung
- RS. Ridhoka Salma, Kab. Bekasi – Jawa Barat