PENGANTAR
Perkembangan pelayanan rumah sakit akhir-akhir ini dan perubahan tuntutan masyarakat akan pelayanan yang bermutu menyebabkan rumah sakit harus segera melakukan “perubahan” menuju pelayanan yang berorintasi pada mutu dan kesematan pasien. Oleh karena itu salah satu upaya dalam melakukan “perubahan” tersebut adalah dengan mengikuti akreditasi rumah sakit.
Mutu adalah tingkat kesempurnaan penampilan dari sesuatu yang diamati atau derajat kepatuhan terhadap standar yang ditentukan terlebih dahulu & Keselamatan pasien adalah suatu sistem di mana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman.
Akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga yang di berikan oleh badan yang berwenang setelah di nilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu
Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia pertama kali di laksanakan pada tahun 1995, dengan 5 pelayanan, kemudian pada tahun 1998 bertambah menjadi 12 pelayanan dan pada tahun 2001 menjadi 16 pelayanan. Namun sejalan dengan peningkatan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang berfokus kepada pasien. Maka memerlukan perubahan paradigma akreditasi yang berfokus kepada provider menjadi akreditasi yang berfokus kepada pasien.
Dalam rangka memberikan kemampuan pemahaman sebagaimana dimaksud dan mempersiapkan RS menuju Akreditasi SNARS Edisi 1 Tahun 2018, maka DISI Training HOSPITAL TRAINING SERVICE, bermaksud menyelenggarakan Pendampingan Akreditasi kepada Rumah Sakit Bapak/Ibu.
TUJUAN Bimtek dan Pendampingan Akreditasi Rumah Sakit
Umum :
Agar rumah sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan, melalui implementasi standar akreditasi yang berorientasi kepada mutu dan keselamatan pasien
Khusus :
- Agar rumah sakit dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi baru
- Agar rumah sakit dapat menyiapkan dokumen akreditasi
- Agar rumah sakit dapat mengetahui kegiatan yang harus dlaksanakan.
- Agar rumah sakit dapat memenuhi standar akreditasi
- Agar meningkatnya pemahaman para praktisi RS terhadap standar akreditasi pelayanan berfokus pasien
SASARAN
Rumah Sakit yang akan mempersiapkan Akreditasi Rumah Sakit
- Direksi
- Para Pemimpin di Rumah Sakit ( Kepala Bidang/Unit/Ruangan )
- Ketua Komite Medik
- Ketua Komite Keperawatan
- Ketua Komite Mutu dan Keselamatan Pasien
- Tim Akreditasi
- Pokja Akreditas terkait
KETENTUAN BIMBINGAN TEKNIS
PAKET : (6 hari 5 malam untuk 6 Pokja )
Materi Pembahasan Pokja Akreditas STARKES 2022:
- Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)
- Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO)
- Akses Rumah Sakit dan Kontiniutas Pelayanan (ARK)
- Assesmen Pasien (AP)
- Pelayanan Asuhan Pasien (PAP)
- Manajemen Kumunikasi dan Edukasi (MKE)
- Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (MRMIK)
- Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
- Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK)
- Program Nasional (ProgNas)
- Sasaran Keselamatan Pasien (SKP)
- Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS)
- Kompetemsi Dan Kewenangan Staf (KKS)
- Pelayanan Anastesi dan Bedah (PAB)
- Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP)
NARASUMBER/FASILITATOR
DISI Training Center Consultant & Team
WAKTU DAN TEMPAT
Pelaksanaan Pendampingan Akreditasi ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan hasil self assesment masing-masing rumah sakit.
INFORMASI BIAYA DAN PEMBAYARAN
- 021 – 89127956
- 0812 8457 4848 ( WA )
- 0815 1934 3986 ( WA )