Pengantar
Training Akreditasi Klinik Pratama – Merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan Klinik atau Fasilitas Kesehatan. Dengan Akreditasi, Kilinik akan memiliki arah dalam perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko untuk dilaksanakan secara berkesinambungan. Tentunya status Akreditasi bukan merupakan tujuan utama, melainkan satu bentuk penghargaan atas pencapaian organisasi Puskesmas terhadap mutu pelayanannya. Akreditasi Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh Komisioner Akreditasi terhadap Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.
Akreditasi Klinik Pratama lainnya merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu untuk mememnuhi persyaratan Klinik Pratama, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya yang akan kerjasama dengan BPJS dipersyaratan lulus akreditasi sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Permenkes Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.
Siapa yg menetapkan standar Akreditasi?
Dalam pelaksanaan akreditasi dilakukan penilaian dengan menggunakan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Agar Klinik Pratama, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya dapat memenuhi standar akreditasi dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dari Unsur Dinas Kesehatan dan Puskesmas lainnya dapat membangun sistem pelayanan yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang mutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan. Untuk itu, perlu terlebih dahulu dilakukan Bimbingan Teknis Bagi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya. Oleh karena itu DISI Training Center & Consulting memberikan Training Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang direkomendasikan untuk diikuti oleh Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan yang ada di Indonesia.
Tujuan Training Akreditasi Klinik Pratama
- Sebagai wahana Pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis, serta penerapan manajemen risiko
- Sebagai syarat recredensialing PPK 1 BPJS pada Sistem Jaminan Kesehatan Nasional
- Menjelaskan kebijakan Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Menerangkan Konsep mutu dan Kebijakan Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Menjelaskan Standar dan instrumen akreditasi Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
- Menyusun dokumenakreditasi
- Melakukan self assesment akreditasi Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Memfasilitasi proses akreditasi Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
- Melakukan audit internal akreditasi Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
- Menerapkan prinsip pembelajaran orang dewasa melalui komunikasiefektif
- Membuat rencana pembelajaran melalui penyusunan Satuan AcaraPembelajaran (SAP)
Manfaat Training Akreditasi Klinik Pratama
- Memberikan keunggulan kompetitif
- Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasyankes
- Menjamin diselenggarakannya pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat
- Meningkatkan pendidikan pada staf Fasyankes primer untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat
- Meningkatkan pengelolaan risiko baik pada pelayanan pasien baik di Klinik Pratama maupun fasyankes primer lainnya dan penyelenggaraan upaya Puskesmas kepada masyarakat
- Membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf fasyankes primer
- Meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja
- Meningkatkan keamanan dalam bekerja
Materi
BAB 1
Standar 1.1 Regulasi Klinik Pratama dan Tata nilai beserta Prosesnya.
Std 1.2 Perencanaan Kebutuhan SDM, Penilaian Kinerja dan Pengelolaan nya.
Standar 1.3 Mengelola Manajemen Fasilitas Sarana dan Prasarana.
Std 1.4 Cara melakukan Kerjasama dan Proses Evaluasi Rekanan.
Bab 2.
Standar 2.1
- Cara menentukan Indikator Mutu
- Cara membuat profil indikator mutu
- Cara melakukan pengumpulan data Indikator Mutu IMM dan
- Cara melakukan pengukuran indikator mutu
- Cara membuat laporan indikator mutu INM dan Fasyankes Mutu Ke Pimpinan Klinik
- Cara membuat umpan balik laporan Standar 2.2
- Cara membuat regulasi penentuan Pasien
- Cara membuat Regulasi 6 Sasaran Keselamatan
- Cara melakukan evaluasi 6 sasaran keselamatan
- Cara melakukan pelaporan Evaluasi 6 sasaran keselamatan
Standar 2.3 PPI.
- Cara membuat kebijakan
- Cara membuat PPI
- Cara membuat laporan
- Persiapan sarana pendukung
BAB 3
Standar 3.1
- Cara membuat regulasi Hak dan
- Cara membuat sosialisasi Evaluasi Hak dan Kewajiban secara manual dan elektronik
- Cara membuat laporan evaluasi sosialisasi Hak dan
- Regulasi Komplain pasien
- Bukti pelaksanaan kepuasan dan komplain pasien
Standar 3.2
- Materi tentang Persetujuan tindakan dan inform consent
- Cara membuat regulasi Persetujuan
- Cara membuat Form Persetujuan tindakan dan Inform Consent
Std 3.3
- Regulasi akses pelayanan
- Cara membuat alur Akses pelayanan
- Revulasi screening pasien
- Bukti melakukan screening pasien
Standar 3.4
- Regulasi Pengkajian Pasien
- Buukti Hasil Pengkajian
Std 3.5.
- Meteri bukti Medis dan keperawatan dan PPA lain
- Bukti Asuhan medis dan PPA
Standar 3.6
- Regulasi dan Bukti kerjasama Kegiatan Promotif dan
- Cara persiapan Bukti kegiatan Promotif dan
Std 3.7
- Cara membuat regulasi pasien risiko tinggi dan area risiko
- Persiapan Sarana area risiko tinggi
Standar 3.8
- Cara membuat regulasi pelayanan anastesi dan
- Cara embuat formulir pelayanan anastesi dan bedah
- Cara persiapan bukti pelayanan anastesi dan
Std 3.9
- Regulasi tentang asuhan gizi
- Cara melakukan Asuhan gizi
- Bukti pemberian asuhan gizi
Standar 3.10
- Regulasi tentang Pemulangan
- Prosedur Pemulangan
- Bukti pelaksanaan pemulangan
Std 3.11
- Regulasi Asuhan Rujukan
- Prosedur Rujukan
- Bukti pelaksanaan rujukan
Standar 3.12
- Regulasi tentang Asuhan Rekam Medis
- Cara pengelolaan rekam medis
- Bukti Rekam medis yang akan
Std 3.13.
- Regulasi
- prosedur Menjaga mutu laboratorium
- Bukti PJ Laboratorium
- Bukti pelaksanaan pelayanan Standar 3.14
- Regulasi pelayanan Radiologi
- Bukti pelaksanaan Pelayanan Radiolog i
Std 3.15
- Cara membuat SK PJ FARMASI
- Tersedia daftar formularium
- Regulasi tentang Farmasi
- Regulasi pelayanan emergency farmasi
- Regulasi pelayanan obat golongan narkotika dan psikotropika
- Cara pengelolaan obat kadaluarsa
- Evaluasi kejadian IKP Farmasi
- Bukti pelaksanaan
- Evaluasi pelayanan farmasi
Peserta
Training Klinik Pratama dan Fasilitas Kesehatan ini direkomendasikan untuk diikuti oleh:
- Tim Akreditasi Klnik
- Kepala Klinik/Owner
- SDM Klinik
Metode
Metode pelatihan menggunakan metode interaktif yaitu pemahaman dari sisi konsep contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang di ajarkan.
Narasumber
DISI Training Center Consultant & Team (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
Durasi
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik Training Online)
Investasi
Publik Training Tatap Muka
- Rp. 4.000.000; /peserta (Jakarta)
- Rp. 4.250.000; /peserta (Bandung, Semarang & Yogyakarta)
- Daftar 3 peserta Cashback 200rb/peserta atau group.
Publik Training Online
- Rp. 2.900.000;/ peserta
- Rp. 2.500.000;/minimal 3 peserta atau group
- Daftar 2 peserta FREE 1 peserta (peserta ke-3)
In House Training
- Online Rp. 12.000.000; untuk maksimal 15 peserta
- Offline Rp. 18.000.000; untuk maksimal 15 peserta (belum termasuk Akomodasi jika luar JABOTABEK)
Fasilitas
- Training Offline/Tatap Muka: Sertifikat, Modul (hard/soft copy), Training Kit (Tas Jinjing, Ball Point, Blocknote), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break, Foto Bersama Seluruh Peserta, Flasdisk 16GB dan Konsultasi Lanjutan)
- Training Online Via Zoom: Soft copy Materi, Sertifikat, Recording/Rekaman Training dan Konsultasi Lanjutan.
CONTACT PERSON
- (021) 8912 7956
- 0812 8457 4848 ( whatsapp )
- disi.training.center@gmail.com
Jadwal Offline Pelatihan Akreditasi Klinik Pratama
Tahun 2024
November
- Jakarta, 13-14 November 2024
- Yogyakarta, 27-28 November 2024
Desember
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Bandung,19-20 Desember 2024
Jadwal Offline Pelatihan Akreditasi Klinik Pratama
Tahun 2025
Januari
- Jakarta, 16-17 Januari 2025
- Bandung, 30-31 Januari 2025
Februari
- Jakarta, 13-14 Februari 2025
- Bekasi, 27-28 Februari 2025
Maret
- Jakarta, 13-14 Maret 2025
- Bogor, 20-21 Maret 2025
April
- Jakarta, 10-11 April 2025
- Yogyakarta, 24-25 April 2025
Mei
- Jakarta, 8-9 Mei 2025
- Bandung, 22-23 Mei 2025
Juni
- Jakarta, 12-13 Juni 2025
- Bogor, 25-26 Juni 2025
Juli
- Jakarta, 10-11 Juli 2025
- Yogyakarta, 24-25 Juli 2025
Agustus
- Jakarta, 14-15 Agustus 2025
- Bekasi, 28-29 Agustus 2025
September
- Jakarta, 11-12 September 2025
- Bandung, 25-26 September 2025
Oktober
- Jakarta, 16-17 Oktober 2025
- Bogor, 30-31 Oktober 2025
November
- Jakarta, 13-14 November 2025
- Yogyakarta, 27-28 November 2025
Desember
- Jakarta, 4-5 Desember 2025
- Bandung, 18-19 Desember 2025
Jadwal Online Pelatihan Akreditasi Klinik Pratama
Tahun 2024 (Via Zoom Meeting)
November
4-5 November 2024
Desember
9-10 Desember 2024
Referensi
- Klinik dr. Aisa Tios, Pluit – Kota Jakarta Barat
- Klinik YADIKA, Petukangan – Kota Jakarta Selatan
- Klinik Amanah Bunda, Cikupa, Kab. Tangerang – Banten
- Prodia Occupational Health Center – Clinic & Dental, Kota Jakarta Selatan