Pengantar
Training Casemix – Manajemen Pelayanan Klaim BPJS Kesehatan – Pelatihan Sistem Casemix adalah sebuah sistem yang ditawarkan untuk mengatasi masalah efektivititas dan efisiensi pelayanan kesehatan secara umum (istilah generic) dari sebuah sistem yang merujuk pada campuran kasus berdasarkan tingkat dan jenis pasien yang dilayani rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya. Sistem casemix memberikan sebuah cara untuk menjelaskan dan membandingkan rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya, dengan demikian membantu di dalam membuat perencanaan dan manajemen sistem pelayanan kesehatan. Casemix mengklasifikasikan pasien ke dalam kelompok/grup klinis tertentu yang menggunakan sumber daya pelayanan kesehatan yang serupa. Dengan melakukan ini, aktivitas klinik, kualitas dan efisiensi biaya dari rumah sakit yang berbeda dapat dibandingkan (Dr. Nur Hidayah, SE., M.M, Formulasi Strategi Sistem Casemix dan Remunerasi, Pascasarjana UMY, 2017).
Mengapa harus Casemix?
Dengan adanya aturan baru berupa UU No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN) dan UU NO. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS) serta peraturan-peraturan untuk melaksanakan UU tersebut, maka peta persaingan rumah sakit mengalami perubahan. Agar rumah sakit tetap mampu bersaing secara sehat, dapat tumbuh dan berkembang sukses sesuai dengan visi dan misinya, rumah sakit perlu merespon perubahan tersebut dengan cepat dan tepat. Salah satu bentuk respon terhadap perubahan tersebut adalah manajemen rumah sakit memahami sistem casmix dan dapat mengimplementasikannya di rumah sakit. Rumah sakit negeri wajib menerapkan sistem casemis dan bekerjasama dengan BPJS. Rumah sakit swasta juga harus mentaati undang-undang yang menjadi payung dari peraturan-peraturan yang dibuatnya.
Pada Case-mix membutuhkan 14 variabel yang diperoleh dari data rekam medis antara lain:
- Identitas pasien (misal, nomor RM,dll)
- Tanggal masuk RS
- Tanggal keluar RS
- Lama hari rawat (LOS)
- Tanggal lahir
- Umur (th) ketika masuk RS
- Umur (hr) ketika masuk RS
- Umur (hr) ketika keluar RS
- Jenis kelamin
- Status keluar RS (Outcome)
- Berat Badan Baru lahir (gram)
- Diagnosis Utama
- Diagnosis sekunder (komplikasi & Ko-morbiditi)
- Prosedur/pembedahan utama
Dapat disimpulkan bahwa Pelayanan kesehatan dengan mutu yang baik dan biaya terjangkau menjadi harapan bagi seluruh masyarakat. Rumah sakit merupakan pemberi pelayanan kesehatan yang utama yang harus melakukan pengendalian biaya dan pengen-dalian mutu dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Pengembangan pelayanan rumah sakit dengan pembiayaan atau pembayaran yang terstandar akan dapat memberikan banyak keuntungan baik bagi pasien, penyedia pelayanan kesehatan dan pihak penyandang dana lainnya. Selain itu juga dapat dilakukan evaluasi mutu pelayanan dengan mudah.
Sehubungan dengan hal semua diatas, maka kami dari DISI TRAINING CENTER bersama para Pakar dan Narasumber yang berkompeten akan menyelenggarakan pelatihan yang berjudul : “PELATIHAN CASE MIX (Manajemen Pelayanan Klaim BPJS Kesehatan)”.
Tujuan Training Casemix – Manajemen Pelayanan Klaim BPJS Kesehatan
Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan mampu :
- Peserta mampu memahami tentang kaidah koding sesuai ICD 10 dan 9 CM
- Peserta mampu memahami tentang Lembar koding morbiditas
- Peserta mampu memahami tentang potensi fraud dalam koding
- Peserta mampu memahami tentang Lembar resume medis
- Peserta mampu memahami tentang Lembar rekam medis
Peserta Training Casemix – Manajemen Pelayanan Klaim BPJS Kesehatan
- Direksi dan Manajemen RS
- Instalasi Casemix
- Koder
- Rekam Medis
- Tenaga medis dan Klinis
- Instalasi penjaminan
- Dosen dan mahasiswa atau pihak yang terkait
Materi
- Teknis koding ICD 9 CM
- Teknis koding ICD 10
- Teknis koding morbiditas
- Teknis pengisian resume medis
- Teknis penyusunan rekam medis rawat inap dan rawat jalan
- Fraud dalam system pembiayaan
- Kepatuhan Regulasi
Metode
Metode pelatihan menggunakan metode interaktif yaitu pemahaman dari sisi konsep contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang di ajarkan.
Narasumber
DISI Training Center Consultant & Team (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
Durasi
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik Training Online)
Investasi
Publik Training Tatap Muka
- Rp. 4.000.000; /peserta (Jakarta)
- Rp. 4.250.000; /peserta (Bandung, Semarang & Yogyakarta)
- Daftar 3 peserta Cashback 200rb/peserta atau group.
Publik Training Online
- Rp. 2.900.000;/ peserta
- Rp. 2.500.000;/minimal 3 peserta atau group
- Daftar 2 peserta FREE 1 peserta (peserta ke-3)
In House Training
- Online Rp. 12.000.000; untuk maksimal 15 peserta
- Offline Rp. 18.000.000; untuk maksimal 15 peserta (belum termasuk Akomodasi jika luar JABOTABEK)
Fasilitas
- Training Offline/Tatap Muka: Sertifikat, Modul (hard/soft copy), Training Kit (Tas Jinjing, Ball Point, Blocknote), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break, Foto Bersama Seluruh Peserta, Flasdisk 16GB dan Konsultasi Lanjutan)
- Training Online Via Zoom: Soft copy Materi, Sertifikat, Recording/Rekaman Training dan Konsultasi Lanjutan.
CONTACT PERSON
- (021) 8912 7956
- 0812 8457 4848 ( whatsapp )
- disi.training.center@gmail.com
JADWAL OFFLINE TRAINING CASEMIX TAHUN 2024:
- Jakarta, 10-11 Januari 2024
- Bandung, 24-25 Januari 2024
- Jakarta, 6-7 Februari 2024
- Semarang, 22-23 Februari 2024
- Jakarta, 6-7 Maret 2024
- Bandung, 20-21 Maret 2024
- Jakarta, 3-4 April 2024
- Yogyakarta, 24-25 April 2024
- Jakarta, 2-3 Mei 2024
- Bandung, 16-17 Mei 2024
- Jakarta, 6-7 Juni 2024
- Bandung, 20-21 Juni 2024
- Jakarta, 4-5 Juli 2024
- Yogyakarta, 18-19 Juli 2024
- Jakarta, 7-8 Agustus 2024
- Bandung, 21-22 Agustus 2024
- Jakarta, 5-6 September 2024
- Bandung, 18-19 September 2024
- Jakarta, 10-11 Oktober 2024
- Bandung, 22-23 Oktober 2024
- Jakarta, 13-14 November 2024
- Yogyakarta, 27-28 November 2024
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Bandung,19-20 Desember 2024
JADWAL ONLINE TRAINING CASEMIX TAHUN 2024:
- 15-16 Januari 2024 Online via Zoom Meeting
- 12-13 Februari 2024 Online via Zoom Meeting
- 6-7 Maret 2024 Online via Zoom Meeting
- 1-2 April 2024 Online via Zoom Meeting
- 22-23 Mei 2024 Online via Zoom Meeting
- 10-11 Juni 2024 Online via Zoom Meeting
- 8-9 Juli 2024 Online via Zoom Meeting
- 12-13 Agustus 2024 Online via Zoom Meeting
- 9-10 September 2024 Online via Zoom Meeting
- 14-15 Oktober 2024 Online via Zoom Meeting
- 4-5 November 2024 Online via Zoom Meeting
- 9-10 Desember 2024 Online via Zoom Meeting