PENGANTAR
Training Komunikasi Efektif Bagi Staff Rumah Sakit – Dalam setiap perusahaan baik bidang kesehatan, jasa, keuangan, dagang atau perusahaan di bidang lainnya, ada salah satu hal yang sangat penting yang akan menjadi pondasi kekuatan perusahaan tersebut untuk terus tetap tegak Berjaya bahkan semakin besar. Hal yang sangat penting itu bernama Komunikasi Efektif. Banyak sekali yang menyepelekan betapa pentingnya kemampuan komunikasi untuk sebaiknya dimiliki oleh setiap karyawan dalam bidang kerja apapun.
Dalam Komunikasi Efektif proses berkomunikasi tentunya melibatkan lebih dari satu orang, jadi ada pemberi pesan (sender) dan ada penerima pesan (receiver). Dalam pelatihan ini kita akan membahas secara lebih detail masing-masing pihak tersebut ketika memberikan dan menerima informasi. Contoh: Perintah dari seorang General Manager yang diberikan kepada Kepala Divisi diteruskan kepada Supervisor hingga kepada seorang Staf bisa diterima atau diartikan berbeda.
Apa itu Komunikasi Efektif?
Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tanggal 01 Maret 2012 dimana terjadi perubahan paradigma standar Akreditasi baru yang diaplikasikan pada pelayanan kesehatan yaitu berfokus kepada pasien. Dengan Training Komunikasi Efektif Keselamatan Pasien (Patient Safety) menjadi standar utama, mengingat keselamatan pasien merupakan masalah yang perlu ditangani segera di Rumah Sakit, dan penilaian hal ini harus sesuai dengan standar Keselamatan Pasien yang wajib diterapkan di Rumah Sakit dan penilaiannya dilakukan dengan menggunakan instrumen Akreditasi Rumah Sakit.
Berdasarkan standar Keselamatan Pasien (Patient Safety) tersebut diatas ada 7 standar keselamatan pasien yang harus diterapkan Rumah Sakit, salah satunya yang berbunyi yaitu ” Komunikasi dalam Pelatihan Komunikasi Efektif merupakan kunci bagi staf untuk mencapai Keselamatan Pasien “. Dengan dasar tersebut cara berkomunikasi yang baik bagi para staf dan SDM di Rumah Sakit merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai petugas Rumah Sakit di setiap departement. Untuk mengantisipasi tuntutan tersebut agar bisa memparaktikan komunikasi yang efektif dengan pasien, perlu dilakukan peningkatan kualitas SDM di Rumah Sakit supaya lebih berkualitas dalam berkualitas.
Program Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit yang selenggarakan oleh DISI Training Center diharapkan mampu memberikan arahan dan perbaikkan yang secara signifikan kepada seluruh staf dan SDM yang ada di Rumah Sakit.
TUJUAN TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT
Setelah mengikuti program Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit ini diharapkan peserta mampu:
- Memahami kebijakan dan pedoman pemberian edukasi
- Memberikan edukasi kesehatan pada pasien dan keluarga pasien secara efektif
- Menghasilkan petugas Rumah Sakit yang mampu menjadi Health Educator di Rumah Sakit dan bisa lebih memahami bagaimana cara dan proses melakukan edukasi kesehatan di Rumah Sakit
- Setelah dilakukan edukasi kepada pasien yang dibangun dengan cara berkomunikasi yang baik diharapkan bisa memberikan arahan kepada pasien dan keluarga pasien ag mampu berpartisipasi dalam memberikan keputusan perawatan dan proses perawatan kepada pasien, sehingga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat dan efektif.
MATERI TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT
- Pengantar Standar Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2022 STARKES terkait dengan syarat agar Rumah Sakit menyusun cara komunikasi yang efektif, tepat waktu, akurat, lengkap, jelas dan dapat di pahami pasien.
- Berbagai kesalahan yang sering muncul karena kurangnya penerapan komunikasi efektif di Rumah Sakit
- Aspek penting yang perlu di bangun dalam membangun komunikasi efektif Rumah Sakit
- Komunikasi efektif berdasarkan kerangkan SBAR ( Situation, Background, Assessment, and Recommendation)
- Aplikasi dan teknik komunikasi yang baik
- Tips dan trik sukses menjadi Health Educator yang baik di Rumah Sakit
- Aspek yang harus di bangun dalam komunikasi efektif
- Teknik berkomunikasi yang baik dengan menggunakan metode REACH ( Respect, Emphaty, Audible, Clarity and Humble )
- Kerangka komunikasi efektif SBAR ( ituation, Background, Assessment, and Recommendation )
PESERTA TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT
Pelatihan ini sangat di rekomendasikan untuk Kepala Ruangan, Kepala Instalasi, Perawat, Staf Lab, Tenaga Fungsional Kesehatan, Terapist, Ahlis Gizi, Psikolog, Staf Apoteker dan Staf Radiologi. Serta seluruh Staf dan SDM yang terlibat langsung dengan pasien di Rumah Sakit
METODE
Program Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit yang akan di laksanakan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta di kenalkan kepada konsep dan aplikasi yang benar, di berikan contoh aplikasinya, pembahasan study kasus dilapangan, diskusi interaktif, latihan penyusunan program dan evaluasi program yang tepat sasaran untuk mencapai standar program Pelatihan Komunikasi Efektif.
DURASI
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik / In House Training Online)
NARASUMBER
Trainer dan Tim Konsultan Disi Training Center (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
INVESTASI
Publik Training Tatap Muka
- Rp. 4.000.000; /peserta (Jakarta, Bekasi & Karawang)
- Rp. 4.250.000; /peserta (Bandung, Semarang & Yogyakarta)
- Daftar 3 peserta Cashback 200rb/peserta atau group.
Publik Training Online
- Rp. 2.900.000;/ peserta
- Rp. 2.500.000;/minimal 3 peserta atau group
- Daftar 2 peserta FREE 1 peserta (peserta ke-3)
In House Training
- Online Rp. 12.000.000; untuk maksimal 15 peserta
- Offline Rp. 18.000.000; untuk maksimal 15 peserta (belum termasuk Akomodasi jika luar JABOTABEK)
Fasilitas
- Training Offline/Tatap Muka: Sertifikat, Modul (hard/soft copy), Training Kit (Tas Jinjing, Ball Point, Blocknote), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break, Foto Bersama Seluruh Peserta, Flasdisk 16GB dan Konsultasi Lanjutan)
- Training Online Via Zoom: Soft copy Materi, Sertifikat, Recording/Rekaman Training dan Konsultasi Lanjutan.
INFORMASI & PROMO
- (021) 8912 7956
- 0812 8457 4848 ( whatsapp & sms center )
Jadwal Offline Training Komunikasi Efektif
Bagi Staff Rumah Sakit Tahun 2024
November
- Jakarta, 5-6 November 2024
- Yogyakarta, 19-20 November 2024
Desember
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Bandung, 19-20 Desember 2024
Jadwal Offline Training Komunikasi Efektif
Bagi Staff Rumah Sakit Tahun 2025
Januari
- Jakarta, 9-10 Januari 2025
- Bogor, 23-24 Januari 2025
Februari
- Jakarta, 5-6 Februari 2025
- Bandung, 19-20 Februari 2025
Maret
- Jakarta, 6-7 Maret 2025
- Bekasi, 20-21 Maret 2025
April
- Jakarta, 9-10 April 2025
- Yogyakarta, 23-24 April 2025
Mei
- Jakarta, 15-16 Mei 2025
- Bogor, 27-28 Mei 2025
Juni
- Jakarta, 11-12 Juni 2025
- Bandung, 25-26 Juni 2025
Juli
- Jakarta, 10-11 Juli 2025
- Yogyakarta, 24-25 Juli 2025
Agustus
- Jakarta, 13-14 Agustus 2025
- Bekasi, 27-28 Agustus 2025
September
- Jakarta, 11-12 September 2025
- Bogor, 25-26 September 2025
Oktober
- Jakarta, 15-16 Oktober 2025
- Bandung, 29-30 Oktober 2025
November
- Jakarta, 13-14 November 2025
- Yogyakarta, 27-28 November 2025
Desember
- Jakarta, 3-4 Desember 2025
- Bogor, 17-18 Desember 2025
Jadwal Online Training Tahun 2024
(Via Zoom Meeting)
Januari
- 30-31 Januari 2024
Februari
- 22-23 Februari 2024
Maret
- 27-28 Maret 2024
April
- 29-30 April 2024
Mei
- 30-31 Mei 2024
Juni
- 27-28 Juni 2024
Referensi
- RS Tk.IV Sariningsih, Bandung – Jawa Barat
- RSUD H. Abdoel Madjid Batoe, Kab. Batang Hari – Jambi
- RSUD Kec. Kembangan, Meruya – Jakarta Barat
- RSU Bina Sehat, Bandung – Jawa Barat
- RS. Benyamin Guluh, Kab. Kolaka – Sulawesi Tenggara
- RSUD Hasanudin Damrah Manna – Bengkulu
- RS. Bhayangkara Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara
- RSKIA Harapan Bunda, Kota Bandung – Jawa Barat
- RS Bhayangkara Lemdiklat Polri – Kota Jakarta Selatan
- RSUD Bangka Tengah – Kep. Bangka Belitung
- Kartini Hospital – Kota Jakarta Selatan