Pengantar
Training Manajemen Purchasing – Manajemen Purchasing dan Departemen (pembelian) memiliki peran penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Hasil akhir yang ingin didapat adalah pembelian dengan karakteristik: right quality and quantity from the right vendor, right time, right price and right service. Tugas departemen pembelian tidak hanya melakukan proses pemesanan material dan bersifat administratif saja tetapi meliputi keseluruhan proses yang terjadi dalam pembelian tersebut, antara lain : melakukan seleksi vendor, mewawancara vendor, negosiasi dengan vendor, analisa penawaran dan menentukan alternatif keputusan, memilih vendor, mengeluarkan purchase order (PO), serta menangani masalah-masalah yang mungkin timbul dalam proses pembelian tersebut maupuan permasalahan dengan vendor. Semua proses diatas, apabila tidak dipahami dengan baik, dapat menimbulkan pemborosan dalam perusahaan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman tentang proses-proses yang terjadi dalam kegiatan pengadaan atau procurement atau pembelian.
Aktifitas pengadaan material tidak hanya memilih supplier serta pemesanan material tetapi lebih dari itu. Dalam training manajemen purchasing ini, peserta tidak hanya dibekali konsep dan teori agar biaya pengadaan material bisa turun tetapi peserta juga akan mempraktekan metoda pendukung yang digunakan seperti teknik negosiasi yang effektif, teknik pemilihan dan evaluasi supplier yang benar serta teknik meningkatkan kinerja supplier.
TUJUAN TRAINING MANAJEMEN PURCHASING
- Memahami konsep dan implementasi effective procurement management
- Mampu melakukan perencanaan pembelian
- Mampu menganalisis, mewawancara, menyeleksi dan mengevaluasi Vendor secara objective dan efektif.
- Peran purchasing dalam supply chain.
- Industrial buying behavior: decision making in purchasing.
- Mempelajari dan mempraktekan ketrampilan negosiasi (Negotiation Skill) yang bisa memberikan Keuntungan bersama dengan supplier.
- Mempelajari dan mempraktekan proses penilaian kinerja supplier secara objective.
- Dapat memahami kerangka pikir tentang peran penting menjalin kerjasama dengan Vendor.
- Memahami proses pengadaan barang/ jasa sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga mendapatkan beberapa vendor yang memenuhi keriteria.
- Dapat merumuskan strategi kerjasama dengan vendor, seperti strategi kolaborasi, outsourcing dll.
- Menetapkan vendor terpilih dan menyusun pengikatan pengadaan barang/ jasa tertentu.
- Memonitor dan mengelola kinerja vendor agar sesuai dengan pengikatan (kontrak) yang telah disepakati dan selaras dengan tujuan perusahaan.
MATERI PELATIHAN
- Manajemen strategi
- Peran purchasing dalam supply chain
- Memahami pembelian material untuk industri (industrial buying behavior)
- Memahami purchasing management process
- Dinamika lingkungan makro
- Apa yang disebut dengan strategic management
- Environment threat and opportunity profile (ETOP)
- Strategic advantage profile (SAP)
- Generic strategy
- Apa yang dimaksud dengan Purchasing Strategy
- Proses Strategis Purchasing
2. Peran Pengadaan dalam kehidupan perusahaan
- Pentingnya purchasing dalam kehidupan perusahaan di era globalisasi
- Objektif kegiatan pengadaan
- Pentingnya aspek kualitas dalam kegiatan pengadaan
- Aspek hukum pengadaan
- Hubungan departemen pengadaan dengan departemen lain
- Diskusi tentang persoalan purchasing management di masing-masing perusahaan
- Strategi dan kebijakan pengadaan
- Model strategi pengadaan
- Cara mengukur bargaining position perusahaan dengan supplier
- Kebijakan pengadaan
- Parameter pengadaan
- Proses pengadaan
- Teknologi informasi dalam bidang pengadaan
- Diskusi tentang perumusan strategi pengadaan
- Total cost ownership
- Market Price, Proposal Price, Historical Price, Target Price
- Total cost ownership dengan Konsep Present Value
- Forecasting Demand
- Taxonomi Metode Forecasting
- Error dalam Forecasting
- Pola data masa lalu
- Perhitungan Forecasting dengan berbagai metode kuantitatif dengan menggunakan software Win QSB
- Teknik Pemilihan Supplier dan Supplier Development
- Source-selection Model
- Teknik pemilihan subkontraktor
- Make-or-buy Decision
- Teknik evaluasi supplier
- Teknik Pembinaan supplier
- Diskusi tentang permasalahan pemilihan supplier
- Pengadaan barang dan jasa dari pasar Internasional
- Manfaat pengadaan Internasional
- Sumber informasi barang dan jasa Internasional
- Masalah yang biasanya dihadapi dalam pengadaan Internasional
- Diskusi Training Manajemen Purchasing
- Seni dan Teknik Negosiasi
- Apa manfaat negosiasi
- Price Analysis for Negotiation
- Teknik perencanaan dan persiapan negosiasi
- Karakteristik negosiator yang baik
- Diskusi tentang permasalahan yang biasa dihadapi dalam negosiasi
- Managerial guideline untuk terciptanya Supplier Partnership
- Tahap awal
- Identifikasi potential partners
- Pemilihan supplier
- Evaluasi partnership
- Diskusi
- Studi kasus dan diskusi
Studi kasus ini berupa pembahasan masalah purchasing management yang dihadapi oleh sebuah perusahaan. Solusi didapat dari hasil diskuskelompok dan diskusi seluruh peserta.
NARASUMBER
DISI Training Center Consultant & Team (Trainer Profesional, Berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidangnya. Merupakan praktisi suatu perusahaan, pengajar dan konsultan yang ahli pada bidangnya)
DURASI
2 hari efektif 14 jam (09.00 – 16.00)
Investasi
Online Training (Via Zoom) (Pukul 9.00 – 15.00 WIB)
Biaya 2.900.000/peserta
Biaya 2.500.000/peserta untuk group minimal 3 orang
Kelas yang cocok untuk fleksibilitas dan pembelajaran maksimal
Benefit Online Training :
- Sertifikat Training (Softcopy & Hardcopy)
- Materi, Panduan dan Studi Kasus
- Rekaman Training
- Konsultasi Lanjutan
Training Tatap Muka (Offline) (Pukul 9.00 – 16.00 WIB)
Biaya 4.500.000 Promo Jadi 4.000.000/peserta (Lokasi Jakarta, Bekasi dan Karawang)
Biaya 4.500.000 Promo Jadi 4.250.000/peserta (Lokasi Bandung dan Yogyakarta)
Kelas yang di laksanakan di hotel berbintang kota besar di Indonesia.
Benefit Training Tatap Muka :
- Sertifikat Training
- Training Kit
- Lunch & Coffe Break
- Souvenir Training
- Konsultasi Lanjutan
Promo bulan ini : Cashback Rp.200,000/peserta untuk pendaftaran grup (minimal 3 peserta)
Pelaksanaan : Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. (By Request Minimal 2 peserta)
Inhouse Training
- Minimal 15 peserta (Online 12 juta) (Offline 18 juta Biaya belum termasuk Akomodasi dan Penginapan jika di luar JABOTABEK)
Paket fleksible dan terjangkau untuk Instansi di seluruh indonesia.
Benefit Inhouse Training:
- Sertifikat Training
- Training Kit
- Modul Training
- Rekaman Training (Online)
- Materi & File Pendukung
- Souvenir (Flasdisk 16GB 1 pcs)
NB : Gratis biaya kirim sertifikat diluar pulau jawa.
INFORMASI & PROMO
- 021 – 8912 7956
- 0812 8457 4848 (whatsapp)
JADWAL TRAINING MANAJEMEN PURCHASING TAHUN 2024:
- Jakarta, 10-11 Januari 2024
- Bandung, 24-25 Januari 2024
- Jakarta, 6-7 Februari 2024
- Bekasi, 22-23 Februari 2024
- Jakarta, 6-7 Maret 2024
- Semarang, 20-21 Maret 2024
- Jakarta, 3-4 April 2024
- Bandung, 17-18 April 2024
- Jakarta, 2-3 Mei 2024
- Bekasi, 16-17 Mei 2024
- Jakarta, 6-7 Juni 2024
- Bandung, 20-21 Juni 2024
- Jakarta, 4-5 Juli 2024
- Yogyakarta, 18-19 Juli 2024
- Jakarta, 7-8 Agustus 2024
- Semarang, 21-22 Agustus 2024
- Jakarta, 5-6 September 2024
- Bandung, 18-19 September 2024
- Jakarta, 10-11 Oktober 2024
- Bekasi, 22-23 Oktober 2024
- Jakarta, 13-14 November 2024
- Bandung, 27-28 November 2024
- Jakarta, 5-6 Desember 2024
- Bekasi, 19-20 Desember 2024